Selasa, 30 April 2013

FAKTA TENTANG TODANAN-BLORA :D (Apa sih???)

TODANAN ??

Yups..
Searching di Mbah Google deh. Apa itu Todanan????

Mungkin uda ada yang pernah dengar atau pernah kesana??
Kalau orang Blora dan sekitarnya, mungkin pernah dengar. Walaupun belum pernah menjamah tempat tersebut.

Sayangnya, ketika kita searching di Google, pencarian no 2 dari atas malah mengenai "Nyasarnya bus Pahala Kencana dan 2 Truk di Hutan Bogan, Todanan " yang notabene mengandung unsur mistis. hihi..
Padahal Todanan lebih dari sekedar "berita horor" tersebut. (adapun berita horor bisa lihat disini :  Nyasarnya Bus Pahala Kencana di Hutan Gaib Todanan.)

Kali ini, sebagai Fraksi Utusan Daerah Blora perwakilan cabang Todanan, ada baiknya saya mengulas sedikit tentang Todanan. Tempat kelahiran saya sekaligus tempat saya dibesarkan. 
Kalau bukan saya yang memberikan informasi terkait Todanan, Siapa Lagi?? Kalau bukan sekarang, kapan lagi??
setuju cuy???

Mungkin saya bukan Miss Todanan atau Duta Wisata Todanan, tapi akan saya coba menghimpun informasi dan kemudian menyajikannya dengan ala kadarnya dan ala style saya. Semoga ini akan dapat menambah khasanah pengetahuan anda. 
siapa tahu anda jadi tertarik untuk mengunjungi Todanan dan mampir kerumah saya?? hahahaha..
welcome !

THIS IS IT..
FACTS ABOUT TODANAN..

Todanan..

1. Adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Blora.
Tahu Blora ???
Biasanya sih pada taunya itu  Cepu.
heiii... justru Cepu adalah bagian dari Kabupaten Blora. 
Bukan Blora yang ada di Cepu. 
Secara, mungkin Cepu lebih maju dan memiliki potensi kekayaan alam (Minyak Bumi) yang melimpah ruah, sehingga lebih tersohor dan banyak investor dalam dan luar negeri berlari kesana. jadi kalah deh nama kota Blora :P



2. Todanan punya 25 desa diantaranya :
  1. Bedingin
  2. Bicak
  3. Candi
  4. Cokrowati
  5. Dalangan
  6. Dringo
  7. Gondoriyo
  8. Gunungan
  9. Kacangan
  10. Kajengan
  11. Karanganyar
  12. Kedungbacin
  13. Kedungwungu
  14. Kembang
  15. Ketileng
  16. Ledok
  17. Ngumbul
  18. Pelemsengir
  19. Prigi
  20. Sambeng
  21. Sendang
  22. Sonokulon
  23. Tinapan
  24. Todanan
  25. Wukirsari
(Nb : Ga sah diapalin ya om tante, kecuali buat anak SD kelas 4 yang ujiannya ada materi ini) :D

3. Todanan Punya GOA TERAWANG
Kawasan wisata Goa Terawang merupakan kompleks goa yang memiliki enam goa dalam satu kawasan, ini terbanyak di Jateng. Terbentuk didalam endapan batu gamping pegunungan kapur utara, berumur kira-kira 10 juta tahun lalu, terletak di desa kedung wungu, , berada di kawasan hutan KPH Blora berjarak + 35 Km arah barat kota Blora, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Goa Terawang mempunyai panjang alur/terowongan terpanjang + 180 meter, terpendek + 70 meter. Lebar goa + 3-5 m, dengan kedalaman + 5-12 m di bawah permukaan tanah. Luas Lingkungan obyek wisata Goa Terawang + 1 Ha dengan ketinggian + 172 m dari permukaan laut, suhu udara 8° C - 36° C sedangkan luas areal keseluruhan obyek wisata Goa Terawang + 13 Ha. Di dalam kawasan seluas 13 hektar itu terdapat satu goa induk, satu sendang, dan lima goa kecil lainnya. Goa ini merupakan satu-satunya goa yang di dalamnya terang di siang hari karena terkena sinar matahari. Di kompleks Wanawisata Goa Terawang terdapat kawasan arena bermain anak yang terletak 50 meter dari mulut Goa Terawang yang terasa sejuk karena dipayungi ratusan pohon jati besar.
Goa ini sudah dikenal sejak zaman raja-raja Jawa untuk tempat bertapa guna memperoleh kekuatan mistis.Pada masa pemerintahan Belanda, goa ini banyak menyimpan sejarah karena sering digunakan untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat-pejabat Belanda. Konon, tiap akhir pertemuan selalu diadakan pesta dansa bagi pejabat yang hadir. Namun, pada masa perang kemerdekaan, goa ini menjadi daerah pertahanan bagi para pejuang. Keunikan di Goa Terawang ini, para pengunjung leluasa mengamati goa disiang hari. Di langit-langit goa terdapat sejumlah lubang alami yang memungkinkan sinar matahari menerobos masuk ke dalam dan menerangi bagian dalam goa. Oleh sebab itu, goa ini disebut Goa Terawang. Berkat lubang-lubang cahaya tadi, pengunjung tidak saja mendapat sirkulasi udara yang segar, tetapi bisa dengan saksama mengamati keunikan dan keragaman bentuk-bentuk stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa. Diyakini, stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa itu masih tumbuh dan memberikan keragaman bentuk, seperti cumi-cumi raksasa atau jamur. Sementara stalaktit yang menjuntai ke bawah dari dinding atas berpadu menyambung dari langit-langit hingga lantai goa. Di salah satu sudut dinding goa, pengunjung juga bisa menemukan stalaktit mirip gigi "buta" (raksasa).

*Jadi mengenang masa lalu dimana seringkali saya menghabiskan waktu sore di hari libur dengan almarhum Ayah tercinta. Ayunan, prosotan dan ngasi makan monyet yang berkeliaran di kanan kiri saya. 





4. Todanan Punya Waduk Bentolo
Obyek Wisata Waduk Bentolo terletak di wilayah Kecamatan Todanan + 0,5 Km kearah selatan dari Goa Terawang atau + 34 Km kearah barat kota Blora, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Obyek Wisata Waduk Bentolo adalah obyek wisata alam buatan berupa waduk yang di bangun Pemerintah Kabupaten Blora yang mempunyai fungsi utama yaiut sebagai irigasi tanah pertanian. Luas areal Obyek Wisata Waduk Bentolo + 270.795 m². Karena letaknya yang cukup strategis , dengan alamnya yang indah dan menawan serta tiupan angin yang nyaman membuat O.W. Wadu Bentolo mempunyai daya tarik tersendiri , sehingga di samping sebagai fungsi irigasi O.W. Waduk Bentolo juga mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai tempat penggondokan badi pramuka (Lembaga Candika Pancasona) dan juga tak kalah pentingnya sebagai fungsi kepariwisataan. Obyek Wisata ini sering di kunjungi oleh masyarakat/anak-anak muda dari luar daerah untuk sejenak bersantai atau untuk menyalurkan hobi memancing.







5. Todanan Punya Pabrik Gula Pertama di Jawa.
Pabrik Gula itu bernama PT.Gendhis Multi Manis (GMM) yang berada di lokasi eks  Bumi Perkemahan Bentolo, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan Blora , diharapkan pada panen tebu tahun 2013 ini akan dapat dioperasikan. baca : channel satu.com
Konon ceritanya, perusahaan ini akan dapat menyerap Tenaga Kerja sekitar 15.000 orang. Saat ini telah dilakukan test penerimaan karyawan dan masih berlangsung. Bagi yang berminat mungkin dapat searching di Google mengenai Tes recruitmen karyawan tersebut. Dengan adanya pabrik ini, saya sebagai Putra Daerah, mengharapkan ada perbaikan dalam segala hal. terutama bidang ekonomi di desa tersebut, saya berharap pengangguran semakin berkurang , kesejahteraan masyarakat semakin baik, dan banyak investor lain melirik tempat tersebut untuk mendirikan pabrik pabrik lainnya. Selain itu, dengan adanya hal tersebut, saya berharap akses ke Todanan akan lebih mudah dengan adanya penambahan angkutan umum dan infrastruktur jalan yang akan semakin baik. Aamiin. 

*Biar aku kalo pulang ke Todanan ga ngojeg muluuu gitu- gegara keabisan bus. Padahal baru jam 11 siang. Syedihnyaaaa...




6. Todanan Punya Gunung Manggir
Obyek wisata Gunung Mangir merupakan obyek wisata alam berupa pegunungan dan terdapat goa yang lokasinya terletak di perbukitan Mangir, Desa Ngumbul , Kec. Todanan , + 38,5 Km ke arah barat dari obyek wisata goa terawang. Obyek Wisata Gunung Mangir berada di perbukitan Gunung kapur dengan ketinggian + 250 m di atas permukaan laut dan luas areal + 4 Ha. Pada Obyek Wisata Gunung Mangir terdapat goa yang letaknya berada di dekat puncak gunung Mangir yang mempunyai tiga trap atau tingkatan yaitu: Trap atas/ra pertama , trap tengah dengan kedalaman + 15 m dan trap bawah yang memiliki kedalaman + 7m. Di Obyek Wisata Gunung Mangir selain terdapat goa mangir juga terdapat Goa Mangklih yang letaknya di bagian utara gunung tersebut yang didalamnya terdapat mata air ( sendang ) . Untuk mencapai Obyek Wisata Gunung Mangir dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dari jalan aspal ke arah goa + 1 Km melewati jalan kampung dan jalan setapak. Puncak Gunung Mangir memiliki tanah terbuka + 5m , apabila kita berada di sini dan menebar pandangan kesegala arah akan tampak pemandangan yang begitu indah , menawan dan mengesankan, lebih-lebih pada sore hari kita dapat melihat indahnya matahari terbenam, sehingga besar kemungkinan untuk di kembangkan dan menarik banyak investor.

#Hmm..Saya pernah naik gunung ini, dan wow..amazing..tanpa perlu upaya pendakian yang teramat lama dan melelahkan, saya dapat menikmati pemandangan yang mengesankan. Setelah itu???Kaki saya ga bisa jalan karena kecapekan. Salahku dewe sih. hahaha..




7. Todanan Punya Pohon Jati berusia 330 Tahun

Satu pohon jati berukuran besar ditemukan di Desa Sendang, Kecamatan Todanan. Ukurannya tidak kalah dengan jati Dhenok danjati di kawasan Gubug Payung yang telah laku terjual  Rp 1 miliar. Usianya juga diperkirakan ratusan tahun. Hanya jika dirangkul, membutuhkan enam orang dewasa. Bupati RM Yudhi Sancoyo mengusulkan pohon jati tersebut dijadikan cagar alam. baca : pohon jati berusia 330 tahun di Todanan


8. Todanan Punya Pisang Byar.
Tau???
Salah satu kultivar pisang di Indonesia , biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pisang goreng, kripik pisang , pisang godhog, setup, dll.
Pisang byar mempunyai tinggi batang 2,5 - 3 m dengan warna hijau kemerahan. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang Tandan 60 - 100 cm dengan berat 15 - 30 kg. Setiap tandan terdiri dari 8 - 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 - 22 buah. Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus.
Pengen??
Pergi aja ke pasar Todanan. Harga berkisar 30 ribu-65 ribu rupiah tergantung ukuran, tingkat kematangan, dan banyaknya pisang dalam 1 tandan.

catatan : jangan lupa nego. hehehe.
 

Selain itu, Todanan punya tanah yang subur berjenis tanah merah, sehingga dapat ditanami berbagai macam tanaman . Misalnya pohon mangga, pohon rambutan, pohon matoa, durian , alpukat, jambu monyet.  Rata-rata semua tanaman dapat hidup disana. Todanan juga terkenal sebagai daerah Pegunungan, curah hujan tinggi dan berhawa sejuk.

Hmm.. nice kan??
Yah itu tadi sekilas tentang Apa yang dipunyai Todanan Walaupun " ndeso " , tapi bagaimanapun juga Todanan itu ngangenin. 

Masi banyak hal yang bisa ditulis terkait dengan  Todanan (Tunggu pos-pos saya selanjutnya. Insyaallah).

Yang jelas , Selain punya Goa Terawang, Gunung manggir, Waduk Bentolo dan lain-lain itu (termasuk cerita mistisnya), 

Todanan juga punya aku lhoooooo... hahaha.. 
 :P
Selamat siang..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar