Sabtu, 12 April 2014

Ini cinta..

Cinta?
Apa arti cinta sebenarnya?
Cinta memang memiliki arti yang sangat luas..
Bukan hanya tentang cinta antara dua orang manusia atau sepasang kekasih saya rasa.
pengertian yang terlalu sempit.

Coba saja simak ini, beberapa definisi "cinta" dari mulut anak-anak dari sudut pandang mereka..
Cara pandang yang polos, suci, tulus, no modus..

Bandingkan saja banyak pernyataan tentang cinta dijaman sekarang..

"Cinta itu kalo sang cowo ngasi hadiah mahal ke cewe ketika cewenya ulang tahun"

"Cinta itu kalo cowo itu ngajak dinner di restaurant mahal"
"Cinta itu kalo cowo selalu antar jemput cewenya kemana-mana "
Bisa jadi benar, tapi pandangan macam apa itu?
Cinta tidak harus diwujudkan dalam hal yang muluk-muluk macam begitu.

Cinta itu simple.
Seulas senyum pun bisa jadi dikatakan tanda cinta,sayang, kasih..

Sesimple apakah cinta itu?

mungkin bisa kita simak beberapa kalimat dari anak 4-8 tahun dibawah ini tentang cinta..
  1. "Ketika nenekku menderita arthritis, ia tidak bisa menekuk lututnya dan mengecat kuku kakinya. Jadi, kakek melakukannya untuknya walaupun kakek juga menderita arthritits. Itulah cinta." Rebecca, 8 tahun. ( Dari kalimat ini, kita tahu bahwa cinta itu adalah "rela". hanya untuk membuat pasangannya senang, walaupun dia sendiri juga sebenarnya dalam keterbatasan)
  2. "Cinta itu adalah ketika kamu pergi makan ke luar dan memberikan seseorang seluruh kentang goreng yang kamu miliki kepada pengemis." Chrissy, 6 tahun. (Ya, cinta itu adalah memberi apa yang kita sebenarnya sukai kepada orang lain).
  3. "Cinta itu adalah saat kamu tersenyum walaupun kamu sedang lelah." Terri, 4 tahun. (dalam rangka tetap menghargai orang lain, ingin terlihat baik-baik saja, dan membahagiakan orang lain)
  4. "Cinta itu adalah ketika Mama membuatkan kopi untuk Papa dan ia mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan rasanya enak." Danny, 7 tahun. (ini lebih ke perhatian, selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada orang yang kita sayang).
  5. "Cinta itu adalah ketika kamu memberi tahu seseorang ia tampak keren menggunakan baju itu. Lalu, keesokan harinya ia memakainya lagi." Jenny, 8 tahun. (ingin terlihat paling baik di depan orang yang kita cintai. Benarkah?)
  6. "Cinta itu adalah ketika Mama memberikan potongan daging ayam terbaiknya untuk Papa." Elaine, 5 tahun.(Rela memberikan apa yang sebenarnya dimiliki untuk seseorang yang disayangi. so sweet !! )
  7. "Di pertunjukan resital piano pertamaku, aku sedang berada di panggung dan merasa sangat takut. Aku melihat seluruh orang memandangiku. Kemudian, di antara penonton, kulihat Ayah melambaikan tangannya dan tersenyum. Ia satu-satunya yang melakukan hal itu. Aku tidak takut lagi." Cindy, 8 tahun. (cinta bisa menumbuhkan suatu keyakinan bahwa dengannya kita bisa melewatu apapun yang akan terjadi. )
  8. Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun memiliki tetangga, seorang pria tua yang baru saja ditinggal istrinya meninggal. Laki-laki kecil ini menuju ke teras rumah sang pria tua, menghampirinya dan duduk di sampingnya. Saat ibunya bertanya apa yang ia lakukan dengan sang tetangga, laki-laki kecil ini menjawab,"Tidak, aku hanya menemaninya menangis di sana." (Sekedar memberi perhatian, setidaknya kita perduli. walaupun tidak bisa berbuat banyak, tapi kita selalu ada untuk orang yang kita sayang. 

cinta begitu berharga dan sangat dalam maknanya Jika anak-anak saja mampu menghargai arti cinta begitu besar, mengapa kita tidak?

Tak usah yang muluk-muluk, tepukan dipundak, pelukan, senyum semangat, atau bahkan hanya meluangkan waktu untuk  mereka. Sesuatu yang bisa kita lakukan secara gratis, ga perlu mengeluarkan uang. itu cinta. 

Semakin banyak cinta yang kita sebarkan kepada orang lain, maka akan banyak pula cinta untuk diri kita dari mereka. "Sapa sing nandur bakal ngundhuh". Begitu orang Jawa bilang. Itulah mengapa kalau kita berbuat baik kepada orang lain, maka suatu saat kita juga akan merasakan manfaatnya. Semua akan kembali kepada diri kita sendiri. Kalau kita tidak menanam , bagaimana kita akan menuai? nyuri? atau beli di pasar? hehe..

Yah,
sebarkan cinta..
dimanapun kita berada..
cinta memang tidak dapat menyelesaikan segala masalah,
akan tetapi dengan cinta kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan apapun masalah yang datang menghampiri kita.
Cinta yang menguatkan.
Cinta yang membuat hal-hal menjadi lebih indah..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar